Kamis, 27 Agustus 2009

:: Mimpi Saya, Jaringan Media Islam Berbasis Masjid

Nama: adwan
Email: adwanali@gmail.com
Judul: Mimpi Saya, Jaringan Media Islam Berbasis Masjid
Isi: Bermisi mencetak kader-kader "jurnalis dakwah" atau mujahid dakwah di bidang media massa, saya menggagas diklat jurnalistik untuk para aktivis masjid. Diusahakan free karena kita berupaya mencari sponsor atau donatur untuk pendanannya.

Gagasan itu sudah terlaksana, setahun sekali, di Pusdai Jabar, tiap Ramadhan. Ramadhan kali ini saya menggagasnya dalam bentuk diklat dakwah multimedia. Insya Allah digelar Ahad, 30 Agustus 2009, di Pusdai Jabar. Gratis untuk aktivis masjid dan ormas Islam se-Bandung Raya.

Mimpi saya, setiap masjid di Indonesia, bahkan di seluruh dunia, minimal ada satu jurnalis yang meliput dan mempublikasikan kegiatan masjid, seperti khotbah jumat, majelis ta'lim atau pengajian, tablig akbar, atau program pemakmuran masjid lainnya. Sang jurnalis tadi menjadi pengelola media dakwah masjid tersebut, minimal berupa blog, situs, atau buletin. Dengan begitu, syiar Islam atau syiar dakwah masjid tersebut menyebar ke seluruh dunia. Dengan begitu pula, terjalin silaturahmi antarmasjid sehingga menjadi jaringan masjid sedunia. Insya Allah, jika ada niat sungguh-sungguh, the dream will come true… Insya Allah.

Mimpi lainnya, "wihdatul ummah", insya Allah akan tercipta pula dengan intensifnya silaturahmi antarmasjid dan para aktivis dan jamaahnya.

Jika tidak ada aral melintang, dengan izin dan ridha Allah, insya Allah hari Sabtu, 29 Agustus 2009, saya dan kawan-kawan dari Tim BATIC akan hadir di Jakarta untuk mengisi Diklat Jurnalistik Aktivis Masjid, bertema "Menjadikan Masjid sebagai Pusat Informasi Islam". Tempatnya di Gedung Telkomsel. Atas niat dan jasa baik kawan-kawan di Jakarta, seperti Bung Bambang "Balisjadi" dan Bung Dewantara, juga kawan-kawan tim teknis lainnya (dari Al-Azhar?), diklat itu pun free bagi aktivis masjid se-Jakarta (tentu dibatasi, dengan undangan dan seleksi).

Diklat di Jakarta itu akan menjadi "pilot project" diklat sejenis di kota-kota lainnya di Indonesia. Menurut Bung Bambang, kota lain yang sedang "dibidik" adalah Yogyakarta dan Surabaya. Bandung, tentu saja, insya Allah, "saya atur".

Follow up diklat itu adalah terbentuknya jaringan informasi dan komunikasi antarmasjid atau antar-aktivis masjid. Wadahnya adalah situs warnaislam.com dan/atau infomuslim.net dengan "umbrella media organization" ISLAM MEDIA NETWORK" (IMN). Tahap awal, nama IMN sudah muncul di warnaislam, infomuslim, matadunia, romeltea, lalu nanti pusdai.com, icmijabar.or.id, dan seterusnya.

Para aktivis masjid nanti punya blog/situs personal dan situs masjid yang "dipayungi" IMN. Bung Balisjadi bahkan sudah atau sedang menjajagi jaringan dengan aktivis masjid di luar negeri.

Dana? Ini dia masalah klasik. Saya yakin, jika "menolong agama Allah", pasti Dia menolong kita melalui para donatur, munfiq, atau investor Muslim yang peduli "medan perang media-informasi". Mari, kita kibarkan panji Islam yang rahmatan lil 'alamain, meneduhkan jiwa-jiwa warga dunia. Mereka yang memusuhi Islam, saya yakin, utamanya karena mereka tidak paham Islam. Para ahli sering mengemukakan, sumber utama permusuhan terhadap agama dan umat Islam adalah mispersepsi, miskonsepsi, dan misunderstanding tentang Islam. Tak kenal maka tak sayang; tak kenal maka ta'aruf.

Dengan IMN, jaringan media Islam yang melibatkan masjid-masjid sebagai pusat syiar Islam, kita dan warga dunia akan memahami Islam dari sumber aslinya dan dari pemeluknya. Tentu, dengan bimbingan para ulama, ustadz, dan/atau para imam masjid. Dengan jalinan silaturahmi antarmasjid dan antar-aktivis dakwah ini pula, kita cegah amaliah apa pun yang hanya mencoreng citra Islam.

Bismillah tawakkaltu 'alallah. Saya dan kawan-kawan sevisi-semisi, memulainya di Jakarta tanggal 29 Agustus 2009. Mari kita berbuat sesuatu, sekecil apa pun, bahkan sekadar mimpi, untuk menegakkan panji Islam demi menebar "rahmat bagi semesta alam". Amin! Wallahu a'lam. (www.romeltea.com).* (wi)

http://mediaislam.oaseadwan.info/mimpi-saya-jaringan-media-islam-berbasis-masjid/
Kategori: Alat Kantor
Tags/keywords: Mimpi Saya, Jaringan Media Islam Berbasis Masjid
Website: http://mediaislam.oaseadwan.info/mimpi-saya-jaringan-media-islam-berbasis-masjid/
---------------------------------------------------------------------
Visitor Ip: 125.162.102.82

Seja o primeiro a comentar

Poskan Komentar

Followers

Gaza Ads © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO